Bengkulu, Narassiberita.co.id.-Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas bahan bakar minyak (BBM) agar kualitas dan kuantitasnya tetap terjaga. Di antaranya dengan rutin melakukan uji tera BBM di sejumlah SPBU di wilayah Bengkulu.
Uji tera dilakukan dengan menggunakan bejana ukuran dan dilakukan langsung oleh manajer dan pengawas SPBU serta tim sales area Bengkulu, sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan dalam pelaksanaan uji tera tersebut.
Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Wilayah Bengkulu, Mochammad Farid Akbar mengatakan, ini merupakan salah satu bagian tugas Pertamina untuk menjaga kualitas BBM tetap terjaga.
“Selain uji tera, dilakukan juga pengecekan kualitas BBM secara visual dan uji density. Tujuan kegiatan ini untuk memastikan serta menjamin kuantintas dan kualitas BBM terbaik di SPBU sesuai dengan ketentuan (on-spec secara takaran dan properties BBM) hingga tersalurkan kepada konsumen akhir,” kata Mochammad, Rabu (20/11/2024).
Ia menyebut Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh konsumen, termasuk konsumen yang ada di Bengkulu.
Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan menjelaskan, uji tera dilakukan untuk memastikan takaran yang keluar dari dispenser sesuai dengan jumlah yang dibeli. Sedangkan uji density adalah uji untuk mengetahui kualitas BBM dilihat dari tingkat kerapatan massa BBM sesuai dengan standar produk BBM Pertamina.
“Kegiatan ini dilakukan memberi rasa percaya kepada masyarakat dalam transaksi BBM di SPBU Pertamina, termasuk di Bengkulu,” jelas Nikho.
Nikho mengatakan, Pertamina Patra Niaga memiliki beberapa standar operasional prosedur (SOP) untuk menjaga kualitas dan kuantitas produk BBM yang dijual di seluruh SPBU agar produk diterima oleh konsumen dengan kualitas yang sama. Setiap pompa dispenser SPBU wajib dilakukan tera ulang alat ukur dipompa dispenser SPBU yang dilakukan oleh Unit Metrologi Disperindag (Dinas Perdagangan) secara berkala agar hak konsumen terlindungi dan memperoleh jumlah liter BBM sesuai dengan yang dibayar.
“Pertamina Patra Niaga pun mengimbau jika masyarakat menemukan bukti kecurangan atau keluhan terkait produk dan layanan maka dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135,” tutup Nikho.
(Ida)